Jumat, 22 November 2013

Contoh Proposal Tugas akhir Manajemen Informatika

Posted by rio setiawan on Jumat, 22 November 2013






 







PROPOSAL TUGAS AKHIR
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI  NILAI  AKADEMIK  SISWA KELAS VII  SMP MUHAMMADIYAH LAHAT

1.             Latar Belakang

Teknologi dan Informasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan  saat ini. Hal ini terlihat dari proses untuk mendapatkan informasi yang dapat diperoleh secara cepat, tepat, dan akurat dengan didukung oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih. Kemajuan teknologi ini membuat banyak organisasi dan lembaga pendidikan menggunakan teknologi berbasis komputer dan jaringan untuk membantu pekerjaanya karena bersifat efektif dan efisien.

Banyak lembaga pendidikan yang telah menggunakan system yang terkomputerisasi dalam mengolah datanya. SMP merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memilki system yang komplit dalam pengolahan datanya, yang mengharuskan semua data terolah dengan baik, tersimpan dengan rapi dan mudah ditelusuri dari tempat penyimpananya apabila diperlukan. SMP Muhammadiyah  merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Muhammadiyah yang telah berdiri sejak tahun 1974. SMP Muhammadiyah Lahat didalam kegiatannya tidak terlepas dari proses pengolahan nilai akademik, pembuatan nilai akhir berupa raport. Adapun prosedur yang dilakukan adalah meliputi perhitungan nilai.

Di SMP Muhammadiyah Lahat proses penyampaian informasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik masih dilakukan secara manual. Ini terlihat dari penggunaan aplikasi excel dalam menghitung nilai siswa. Sistem Akademik yang berjalan di SMP Muhammadiyah, didalam proses penyampaian informasi pembuatan nilai akhir berupa raport masih dilakukan secara manual. Proses –proses tersebut mempunyai kerumitan tersendiri terkait dengan fasilitas yang tersedia. Hal ini juga menimbulkan berbagai permasalahan lainnya seperti proses penyampaian laporan yang tidak tepat waktu, serta pencarian data yang membutuhkan waktu lama. Hal ini pun menyulitkan Staff Pengajar dalam memberikan laporan kepada pimpinan.
 Saat ini banyak lembaga pendidikan yang tidak mau ketinggalan dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat menunjang terhadap kelangsungan institusi dan pegawainya. Oleh karena itu banyak lembaga pendidikan berlomba-lomba meningkatkan mutu dan kualitas dengan beradaptasi terhadap perkembagan teknologi yang sangat berhubungan dengan institusi tersebut. Salah satu bentuk teknologi informasi yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pencapaian adalah komputer, dimana peranan komputer telah menjadi bagian aktifitas yang vital dalam mempermudah pekerjaan .Sistem Informasi Akademik (SIA) merupakan jawaban dari terobosan teknologi informasi di bidang pendidikan saat ini, dimana sistem informasi akademik ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh sekolah dalam mengelola nilai akademik siswa. Selain itu sistem informasi akademik ini befungsi untuk memberikan informasi nilai akademik secara uptodate melalui media komputer .

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan dan masalah yang dipaparkan diatas maka penulis akan merancang sebuah perancangan sistem informasi nilai akademik yang akan menjawab permsalah yang dihadapi oleh SMP Muhammadiyah Lahat. Oleh karena itu penulis membuat penelitian Tugas Akhir dengan judul “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI NILAI AKADEMIK SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH LAHAT”.

2.             Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang akan dikaji oleh penulis dalam Tugas Akhir ini adalah bagaimana cara merancang data nilai siswa sehingga dapat mempermudah dalam mengisi Buku Raport Siswa.

Perancangan Sistem Informasi Nilai Akademik yang sedang berjalan di SMP Muhammadiyah meliputi  nilai siswa.
·   Bagaimana Perancangan Sistem Informasi Nilai Akademik yang akan dibangun di SMP Muhammadiyah Lahat
·  Bagaimana pengujian Perancangan Sistem Informasi Nilai Akademik di SMP Muhammadiyah Lahat
·  Bagaimana evaluasi Perancangan Sistem Informasi Nilai Akademik di SMP Muhammadiyah Lahat.

3.             Tujuan Penelitian
Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki sistem lama, yang secara manual dan menggantikannya dengan sistem baru, berjalan secara terkomputerisasi. Penggantian sistem ini diharapkan dapat menghemat biaya serta menghemat waktu yang telah dikeluarkan selama proses penilaian siswa.
·       Untuk mengetahui sistem akademik yang sedang berjalan di SMP Muhammadiyah  meliputi proses data nilai siswa.
·        Untuk merancang sistem informasi nilai akademik di SMP Muhammadiyah yang akan diterapkan.
·       Untuk menguji sistem informasi nilai akademik yang dirancang di SMP Muhammadiyah Lahat.
·        Untuk mengevaluasi rancangan sistem informasi nilai akademik yang akan diterapkan di Muhammadiyah Lahat.

4.             Batasan Penelitian
Penelitian ini memiliki batasan/ruang lingkup penelitian yang mencakup :
·         Perancangan Sistem Informasi Nilai Akademik yang dibangun meliputi proses nilai akhir siswa.
·         Perancangan Sistem Informasi Nilai Akademik yang dibangun tidak membahas tentang siswa pindahan dan masalah keuangan   
·         Sistem menghasilkan laporan data nilai siswa.
·         Perancangan ini hanya digunakan di SMP Muhammadiyah Lahat
5.             Metodelogi Penelitian
·         Penelitian dilakukan dengan mengambil contoh kasus di SMP Muhammadiyah Lahat.
·               Data-data yang dibutuhkan dalam melakukan penelitian adalah Alur data (Data Flow Diagram) mengenai proses perhitungan Nilai Siswa di SMP Muhammadiyah Lahat.
·               Penelitian dilakukan dengan studi literatur dan observasi
6.             Sistematika Penulisan

BAB I        PENDAHULUAN
Menjelaskan tentang latar belakang penelitian, mengapa topik ini menjadi pilihan penulis, tujuan penelitian, batasan penelitian serta metodologi penelitian yang digunakan
BAB II      LANDASAN TEORI
Pada bab ini berisi teori-teori yang akan digunakan dalam menyelesaikan Tugas akhir ini.
BAB III     ANALISA SISTEM YANG SEKARANG BERJALAN
Bab ini berisi mengenai analisa sistem yang sekarang berjalan. Dari hasil analisa tersebut dapat diketahui lebih jelas mengenai masalah yang dihadapi pada sistem yang sekarang berjalan.
BAB IV     PERANCANGAN SISTEM USULAN
Menjelaskan mengenai proses analisa dan Perancangan Sistem Informasi Nilai akademik Siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Lahat.
BAB V      KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi uraian tentang kesimpulan yang didapat dari proses pembuatan Sistem Informasi Nilai Akademik Siswa Kelas VII, serta saran yang dapat penulis berikan apabila sistem ini ingin dikembangkan lebih lanjut.


7.             Jadwal Kegiatan
No
Jenis Kegiatan
Bulan
Oktober
November
Desember
Januari
Februari
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Pengajuan Judul Tugas Akhir
2.
Pengajuan Proposal Tugas Akhir
3.
Melakukan Survei
4.
Penyusunan Tugas Akhir
-       Bab I
Pendahuluan
-       Bab II
Landasan Teori
-       Bab III
Menganalisa Data
-       Bab IV
Perancangan Sistem Usulan
-       Bab V
Kesimpulan dan Saran
5.
Evaluasi
6.
Pengujiann Program


 

Catatan :

Untuk dokumen  aslinya Tampa di Rangkum download aja file nya Via Google Drive

 Download  dokumen ini  dalam bentuk MS Word   klik di sini :  DOWNLOAD FILE



Download File

Kalau Bingung cara download nya Gimana'  Klik : Cara Download File Di Blog Ini

Tak ada salahnya Untuk like dan Share Bila Dokumen Ini bermanfaat, Terimakasih Sudah Berkunjung.

BACA JUGA :

PROPOSAL TUGAS AKHIR PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SERVIS DAN SUKU CADANG AHASS HONDA

Baca Juga : 

                   CONTOH  PEMBUATAN SURAT SK BIMBINGAN TA
                  
                                 CONTOH PENULISAN RIWAYAT HIDUP PADA SKIPSI & TA

PERHATIAN!! Mohon Untuk Tidak Memposting Ulang isi dari Blog ini ke blog / web lain tampa Se izin dari Admin"BLOG INI DILINDUNGI HAK CIPTA DMCA".

Previous
« Prev Post

12 komentar: