BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Di era globalisasi ini,
kita di tuntut untuk mempunyai lapangan pekerjaan sendiri. Begitu juga dengan
perkembangan ilmu komputer yang mampu memudahkan kegiatan manusia yang selalu
berkembang dari zaman ke zaman.
Perkembangan komputer memberi
kita kemudahan dalam bekerja, mencari
kerja serta dengan perkembangan ilmu komputer kita dapat menghasilkan uang.
Atas dasar inilah
penulis membahas masalah e-bisnis dan juga penerapanya dengan situs www.iklanbaris.co.id
sebagai acuan kita. dimana yang merupakan salah satu cara untuk memudahkan kita
untuk bertransaksi baik itu dalam proses membeli maupun menjual produk yang
kita hasilkan, serta dengan mempelajari e-bisnis kita dapat menghasilkan uang
sekaligus membantu orang lain dalam hal proses suatu transaksi.
B.
Rumusan
Masalah
a. Mengetahui
Pengertian E-Bisnis?
b. Mengetahui
Latar Belakang E-Bisnis?
c. Mengetahui
Manfaat E-Bisnis?
d. Mengetahui
Komponen Dasar E-Bisnis?
e. Mengetahui
Langkah-Langkah Bisnis Dalam E-Bisnis?
f. Mengetahui
Transaksi E-Bisnis?
g. Mengetahui
Hambatan E-Bisnis?
h. Mengetahui
Pengertian Iklan Baris dan Hal Yang Menyangkut Iklan Baris ?
C.
Tujuan
a. Untuk
Mengetahui Pengertian E-Bisnis?
b. Untuk
Mengetahui Latar Belakang E-Bisnis?
c. Untuk
Mengetahui Manfaat E-Bisnis?
d. Untuk
Mengetahui Komponen Dasar E-Bisnis?
e. Untuk
Mengetahui Langkah-Langkah Bisnis Dalam E-Bisnis?
f. Untuk
Mengetahui Transaksi E-Bisnis?
g. Untuk
Mengetahui Hambatan E-Bisnis?
h. Untuk
Mengetahui Pengertian Iklan Baris dan Hal Yang Menyangkut Iklan Baris?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
E-bisnis
E-bisnis (Inggris:
Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan
menggunakan sistem
informasi komputer. Dapat juga di artikan Pemanfaatan Internet untuk
menciptakan operasi bisnis secara online. e-Business
atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis
yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi.
Dalam
penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan
elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih
merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam
fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet
(e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada
kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen
pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari
perusahaan.
Sementara
itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value
chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai
suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan
pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis
memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan
perusahaan lain, baik lewat web, Internet,
intranet, extranet atau kombinasi di
antaranya.
B.
Latar
Belakang E-bisnis
Saat ini perkembangan Teknologi Informasi begitu pesatnya
sehingga proses transaksi bisnis juga berubah total. Di dunia transaksi melalui
dunia maya sudah mencapai angka yang sangat tinggi saat ini. Di Amerika saja
perkembangan internet sudah pada tahap dimana telah terjadi pasar bebas di
bidang bisnis di internet yang didukung oleh pihak legislatif. Bill Clinton adalah
salah satu politisi yang sangat mendukung bahwa zona internet bebas dari pajak
negara bagian. Tujuannya tak lain adalah agar dapat meningkatkan perekonomian
rakyat amerika terutama home industry.
Ada beberapa alasan mengapa orang begitu tertarik untuk
memulai bisnis di Internet antara lain :
180
juta orang amerika menggunakan internet setidaknya sekali sebulan,
Tahun 2005 ada sekitar 1.08 milyar penduduk dunia menggunakan internet sedidaknya sekali sebulan. Diprediksikan pertumbuhannya akan mencapai 2 milyar penduduk dunia pada tahun 2010.
Tahun 2005 ada sekitar 1.08 milyar penduduk dunia menggunakan internet sedidaknya sekali sebulan. Diprediksikan pertumbuhannya akan mencapai 2 milyar penduduk dunia pada tahun 2010.
Pendapatan rata-rata dari bisnis internet di rumahan adalah
mencapai $66,790 (angka thn 2005) membuat internet suatu pasar yang sangat
menarik.
Popularitas e-business yang
dimulai di awal abad 20 didorong oleh tiga faktor pemicu utama, yaitu :
a) faktor pasar dan ekonomi, yang mana
diantaranya kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepakatan
dagang regional, dan kekuasaan konsumen (bargaining power of buyer) yang
semakin bertambah besar.
b) faktor sosial dan lingkungan,
seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah,
kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial
perusahaan, dan perubahan politik.
c) faktor teknologi, meliputi
singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi yang muncul hampir
setiap waktu, information overload, dan berkurangnya rasio biaya.
C.
Manfaat dan Hambatan E-Bisnis
a.
Manfaat
E-bisnis:
a)
Bagi Perusahaan Atau Pebisnis Perorangan
o
Memperpendek jarak
o
Perluasan pasar
o
Perluasan jaringan mitra kerja
o
Biaya terkendal
o
Efisien
o
Cash flow terjamin
o
Manfaat lainya
b)
Bagi Konsumen
o
Efektif
o
Biaya terkendali
o
Aman secara fisik
o
Harga murah
o
Fleksibel
c)
Bagi Masyarakat Pada Umumnya
o
Peluang kerja baru
o
Wahana kompetisi
d)
Bagi Dunia Akademis
o
Tantangan baru
o
Para peneliti tertantang untuk
melakukan analisis terhadap pergeseran pola bisnis.
o
Membuka kerangka baru dalam
penjualan jasa pendidikan
b. Hambatan E-Bisnis:
Beberapa hambatan-hambatan yang ada
tentang implementasi E-Business adalah sebagai berikut:
a. Belum terbentuknya high trust
society. Perubahan pola belanja konsumen dari pola konvensional kepada virtual.
Masyarakat masih terbiasa membeli dengan memegang barang yang akan dibeli dan
menanyakan sedetail mungkin tentang produk yang kan mereka beli.
b. Pada umumnya harga tidak bisa
ditawar lagi. Tidak seperti pasar tradisioanal proses transaksi melalui proses
tawar-menawar.
c. Sarana dan prasarana masih belum
memadai.
d. Masih sangat sedikit SDM yang
memahami dan menguasai dengan baik dan benar konsep dan implementasi teknologi
ini.
e. Jasa pengiriman pos. masih
memerlukan pembenahan, sehingga proses pengiriman barang tidak terlalu lama
sampai kepada tangan pembeli.
f. Adanya tindak kejahatan
penyalahgunaan kartu kredit.
g. Perbedaan flatform antar perusahaan.
h. Penjual dan pembeli masih menunggu
sampai sistem E-Business stabil dan aman.
i. E-Business masih dipandang sebelah
mata sebagai sistem yang sulit digunakan.
j. Perubahan pola konsumen menjadi
aktif. Etika dan moralitas, E-Business belum mendapatkan tempat yang tepat
sehingga banyak disalahgunakan menjadi penjajakan bisnis pornografi.
D. Komponen Dasar E-Business
Untuk dapat memanfaatkan fasilitas E-Business tersebut, dibutuhkan
komponen-komponen sebagai berikut:
a.
Alat pembayaran.
b.
Virtual Shop yang dibangun
dalam sebuah home pages.
c.
Jalur pembelanjaan yang jelas
agar dapat memberi jaminan terhadap perusahaan penjual produk untuk memperoleh
pembayaran dari pembeli.
E.
Langkah-Langkah Bisnis dalam E-Business
Langkah-langkah dalam E-Business
secara umum terdiri dari tiga, ialah:
a. Perusahaan mempublikasikan WEB site
E-Business kepada masyarakat, halaman tersebut diharapkan mempunyai tampilan
yang menarik.
b. Calon pembeli dapat memilih produk
dan mengisi formulir transaksi elektronik dengan mencatumkan nomor kartu kredit
atau bukti transfer bank. Sebagai alat bukti pembayaran.
c. Setelah proses pembayaran produk
yang dipesan akan dikirim oleh penjualan kepada pembeli sesuai dengan alamat
yang tercantum dalam formulir transaksi.
F.
Transaksi E-Business
Hampir mirip dengan proses transaksi
pasar tradisional, secara rinci adalah sebagai berikut:
a. Pemilihan produk yang dilakukan
melalui katalog produk yang telah disediakan pada situs E-Business.
b. Inisialisasi pembelian. Pada tahap
ini pembeli melakukan pengisian form yang telah disediakan dan ditampilkan pada
layar monitor lengkap dengan model pembayaran yang diinginkan. Sedangkan
penjual akan mengidentifikasi produk yang dipesan.
c. Permintaan otorisasi. Pada tahap ini
penjual meminta otorisasi dari bank yang mengeluarkan kartu kredit atau uang
digital atau bukti transfer milik pembeli.
d. Otorisasi pada tahap ini bank
melakukan otorisasi seperlunya.
e. Pengiriman barang. Setelah semua
proses telah dilalui proses pengiriman barang dilakukan.
G.
Iklan
Baris
a.
Pengertian
Iklan Baris merupakan salah satu
situs Bozz.com (PT Bitnet Komunikasindo) yang membantu kita untuk mempromosikan
usaha Anda melalui Internet maupun mobile Internet, seperti menjual barang,
menawarkan jasa, atau mencari barang. Berbagai kategori iklan yang
tersedia, mulai dari barang seni, alat komputer, elektronik, properti, makanan
sampai binatang peliharaan dan persahabatan.
Dengan menggunakan berbagai fasilitas situs Iklan Baris,
anda terbebas dari biaya pemasangan iklan,waktu dan tempat. Iklan Baris
menjangkau seluruh pengguna Internet baik didalam negeri dan luar negeri.
Sehingga iklan anda pun dapat menjangkau pemirsa yang lebih luas melalui
pengunjungnya yang semakin hari semakin meningkat. Selain kemudahan lain
seperti iklan yang langsung ditayangkan tanpa perlu menunggu, kemudahan mengganti
isi iklan, menghapusnya, ataupun Anda mencari iklan yang diinginkan.
Mungkin kita sudah mengetahui banyak situs web serupa yang
menawarkan layanan yang serupa. Di antara semua situs web iklan di Indonesia,
Iklan Baris merupakan situs iklan pertama di Indonesia yang paling banyak
dikunjungi. Dengan 10,000 pengunjung dan 2000 iklan baru setiap harinya, secara
de-facto Iklan Baris merupakan ajang jual-beli paling popular di Internet.
Tidak hanya itu, IklanBaris secara berkala senantiasa mengembangkan dan
melengkapi fitur-fiturnya berdasarkan masukkan anggotanya maupun perkembangan
Internet. Sehingga situs ini menjadi sangat efektif dan mudah digunakan sesuai
informasi didalamnya.
Tak bisa disangkal lagi, iklan anda akan lebih banyak
dilihat orang dibandingkan bila anda tempatkan informasi iklan di situs lain.
Iklanbaris.
www.iklanbaris.co.id
telah berusaha dan akan terus berusaha mengembangkan fitur fitur
kami. Untuk saat ini fitur yang anda bisa nikmati adalah :
o Pelanggan
sudah tidak ada kesulitan untuk bergabung tanpa menunggu approval dari admin.
o Sudah
bisa menggunakan avatar.
o Bisa
berkomentar di setiap iklan.
o Bisa
menikmati fasilitas gambar lebih dari 1 (satu) secara gratis.
o Terdapat
Forum iklanbaris.co.id yang bisa digunakan untuk sekedar berbagi informasi
mengenai seputar iklanbaris.co.id.
o Me-Ratting
sebuah iklan.
o Terdapat
billboard (Advertorial) yang bisa menjelaskan iklan secara detail.
Fitur akan kami
kembangkan terus sesuai dengan masukan dari pengguna iklanbaris.co.id.
www.iklanbaris.co.id juga menyediakan
register atau menjadi anggota dalam situs ini. Yang memungkinkan kita untuk
lebih mudah dalam proses transaksi berikutnya. Baik itu proses membeli ataupun
mengiklan suatu produk.
PERHATIAN!! Mohon Untuk Tidak Memposting Ulang isi dari Blog ini ke blog / web lain tampa Se izin dari Admin"BLOG INI DILINDUNGI HAK CIPTA DMCA".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar