Senin, 10 Agustus 2020

Etika Berkomunikasi Menggunakan Internet

Posted by rio setiawan on Senin, 10 Agustus 2020




Etika Berkomunikasi Menggunakan Internet


    Dalam Kehidupan sehari - hari di era Modern Sekarang, kehidupan Masyarakat tak akan lepas dari Dunia internet, Baik muda Maupun yang sudah Lanjut usia. 

Semua yang berkaitan dengan Komunikasi dunia Digital Memiliki nilai, Aturan maupun Pedoman yang  pasti Berlaku. Berkomunikasi Menggunakan Internet, setiap individu maupun Kelompok wajib dan mampu Berkomunikasi dengan baik dan berEtika agar Pesan Pesan tidak hanya tersampaikan kepada lawan bicara, tapi Juga Emosional, Tata Bahasa dan Nilai Norma Juga tersampaikan agar bisa dianggap baik dan Bernilai oleh masyarakat dimanapun kita berkomunikasi.

    Penggunakan aturan, Pedoman atupun Etika, tata Krama didalam Berkomunikasi di Duni Internet di anggap dan dilihat baik benar nya oleh Pengguna Komunikasi Internet lainnya Ini Juga disebut dengan Beretika. dengan demikian berkomunikasi baik perseorangan maupun Grub/Kelompok,pengguna Internet Haruslah Menggunakan Etika yang baik Juga.


Pengertian Etika 

    Pengertian Etika adalah Suatu ilmu Tentang kesusialaan dan Prilaku Manusia didalam pergaulannya dengan sesama yang menyangkut Prinsip dan Aturan tingkah laku yang baik dan benar. ada juga yang menyebutkan Pengertian Etika adalah Norma atau Aturan yang dipakai sebagai Pedoman dalam berprilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk.   


Memahami Etika bertomunikasi diInternet

    

    Secara Etimologi Kata Etika Berasal dari bahasa Yunani, Kuno, Yaitu Ethikos yang berarti Timbul dari Suatu Kebiasaan. Etika berkomunikasi di Dunia internet sering disebut sebagai Netiket serta ada yang menyebutnya dengan Netiquette merupakan pedoman tingkah laku manusia berupa perilaku-perilaku yang dianggap baik dalam berkomunikasi di internet.

    Bahwa di era digital ini perilaku manusia dalam hal berkomunikasi sudah tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dengan hadirnya internet. Internet telah menghubungankan manusia satu dengan yang lainya melewati batas-batas negara bahkan batas-batas waktu sehingga kini kita dapat perhubungan dengan siapapun dan kapanpun dengan internet.

    Oleh karenanya, Etika komunikasi di internet atau Netiket/Netiquette ini mengatur bagaimana komunikasi yang kita lakukan di internet sama halnya sebagaimana komunikasi yang kita lakukan dalam keseharian. Meskipun internet sering disebut dunia maya akan tetapi orang-orang yang ada didalamnya merupakan satu hal yang nyata. Oleh karenanya dalam berkomunikasi di internet kita harus menggunakan etika yang baik dan benar.



Pedoman Etika Komunikasi di Internet

    Dalam Beretika Berkomunikasi menggunakan Internet Juga Memiliki Beberapa Poin Pedoman yang perlu kita ketahui, yaitu :

·       Menghormati Privasi Orang Lain

    dalam Bermasyarakat secara nyata setiap orang memiliki batasan - batasan ( Privasi)  yang harus kita hormati. Begitu pula dalam kaitanya kita berhubungan dengan orang lain didalam berkomunikasi Melalui internet, kita juga harus menghormati apa yang menjadi privasi orang/Kelompok  tersebut.

     Lawat bicaramu Adalah Manusia Bukan Robot

    Bahwasanya yang menjadi lawan bicara kita di internet sama halnya dengan lawan bicara kita di dunia nyata yakni manusia. Oleh karenanya kita pun wajib memperlakukannya sama sebagaimana kita berbicara pada dunia nyata baik pergaulan maupun keseharian.

·        Berkepribadian Baik

    Pada poin ini banyak yang menganggap Berkepribadian baik adalah hal yang berbeda dalam dunia internet, karena beranggapan bahwa mereka berkomunikasi tidak secara langsung Padahal  Dalam berkomunikasi di internet, segala sesuatu yang kita tulis dan kita tuangkan akan dinilai oleh orang lain. Sehingga jangan sampai kita memberikan kesan negatif pada diri kita sendiri. Kita harus menunjukan bahwa diri kita adalah pribadi yang baik baik dalam menggunakan Komunikasi melalui Internet ataupun bertatap muka secara langsung.

·         Sadar Posisi Berkomunikasi

    Dalam berkomunikasi di internet layaknya komunikasi dalam dunia nyata, kita harus sadar Diana kita berkomunikasi. Dalam sebuah forum sosial internet biasanya sudah terdapat aturan-aturan yang menjadi pedoman bagaimana layaknya kita berkomunikasi dalam forum tersebut. 

·       

·         Menghormati Forum/ Kelompok

    Sebuah forum internet biasanya dilatar belakangi oleh minat ataupun keusakaan yang sama. Maka, jika kita tidak sepakat dengan forum tersebut alangkah lebih baik jika kita menghormatinya dan meninggalkan forum tersebut. Sehingga tidak perlu terjadi saling menghina dan menghujat.

   S Memiliki Standar Komunikasi Yang Sama

    Karena lawan komunikasi kita di internet adalah manusia maka standar komunikasi yang kita terapkan adalah sama sebagaimana apa yang kita lakukan dalam dunia nyata baik keseharian maupun dalam pergaulan. Bagaimana kita menempatkan diri dalam berkomunikasi, penggunaan bahasa, struktur kalimat dan lain sebagainya haruslah beretika sebagaimana komunikasi yang kita lakukan dalam keseharian.

·         Mengendalikan Emosi

    Tak hanya dalam kehidupan keseharian di masyarakat, dalam komunikasi di internet tak jarang kita akan tersulut emosi oleh postingan yang memang menyinggung dan lain sebagainya. Sebagai masyarakat internet yang beretika sudah selayaknya kita mengendalikan emosi dan mengingatkan dengan cara yang beretika pula.

·         Memaafkan Orang Lain

    Memaafkan orang lain adalah satu perbuatan yang sangat etis dan mulia. Oleh karenanya dalam komunikasi di internet kita pun harus mampu memaafkan mereka yang berbuat kesalahan karena memang manusia tidak lepas dari yang namanya salah. Jangan terlalu berlebihan menanggapi sesuatu. 


JENIS - JENIS ETIKA

Etika Filosofis

    Pengertian etika filosofis adalah suatu etika yang bersumber dari aktivitas berpikir yang dilakukan oleh manusia. Dengan kata lain, etika merupakan bagian dari filsafat.Berbicara tentang filsafat maka kita perlu mengetahui sifat dari etika tersebut, yaitu;

  • Empiris, yaitu cabang filsafat yang membahas sesuatu yang ada atau konkret. Misalnya filsafat hukum yang mempelajari mengenai hukum.
  • Non Empiris, yaitu filsafat yang berusaha melampaui hal konkret dengan seolah-olah menanyakan sesuatu yang ada di balik semua gejala konkret.

Etika Teologis

    Pada Umumnya etika teologis terdapat pada setiap kepercayaan agama. Etika teologis ini adalah bagian dari etika secara umum karena mengandung berbagai unsur etika umum dan dapat dimengerti jika memahami etika secara umum.


Manfaat  dalam Menggunakan Berkomunikasi Internet

    Mempelajari Etika dalam Berkomunikasi adalah satu hal yang sangat penting. Terlebih di era serba Modern  seperti sekarang, Secara umum Internet selalu dipakai di seluruh Lapisan Masyarakat. Etika berkomunikasi di internet menjadi Wajib diperlukan keberadaanya Mengingat internet tak lagi sebatas dunia maya namun Semua interaksi di dalamnya merupakan sebuah Unsur yang nyata.

    Sehingga sebagai pribadi yang terdidik sudah selayaknya kita menggunakan etika dalam berkomunikasi di internet. Mengingat kini interaksi di internet tak ada bedanya dengan interaksi di dunia nyata. Oleh karenanya dengan kita mempelajari etika komunikasi di internet kita menjadi paham bagaimana pedoman dalam komunikasi di internet baik itu bagaimana kita berkomunikasi, menempatkan diri, menghormati orang lain dan sebagainya.

    Sehingga awal mula    Internet dibentuk guna memberikan kebermanfaatan bagi manusia akan terwujud. Jika setiap penggunanya menggunakan etika yang baik maka hal-hal yang merugikan dari internet akan dihindarai. Bahwasanya yang merugikan dari internet bukanlah internet itu sendiri melainkan manusia sebagai penggunanya.

ada Beberapa poin yang dapat kita simpulkan tentang manfaat Mempelajari Etika Berkomunikasi Menggunkan Internet, antara lain :


  1.     Tidak bertindak sembarangan dan seenaknya dalam berkomunikasi 
  2.     Menghargai Privasi orang lain.  
  3.     Melancarkan komunikasi dengan orang lain.
  4.     Memahami apa yang dikomunikasikan orang lain.
  5.     Diterima dalam sosial masyarakat karena mengikuti etika yang berlaku.
  6.     Memperkuat hubungan yang terjalin dengan orang lain.
  7.     Pesan yang disampaikan dapat diterima dengan lebih baik.
  8.     Dihargai orang lain karena kita menghargai mereka juga.



  •     .


PERHATIAN!! Mohon Untuk Tidak Memposting Ulang isi dari Blog ini ke blog / web lain tampa Se izin dari Admin"BLOG INI DILINDUNGI HAK CIPTA DMCA".

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar