Rabu, 01 April 2015

Contoh Skripsi Teknik Informatika - Perancangan Sistem Informasi Pegawai BP4K

Posted by rio setiawan on Rabu, 01 April 2015






PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEGAWAI KANTOR
 BADAN PELAKSANAN PENYULUHAN PERTANIAN
PERIKANAN DAN KEHUTANAN (BP4K)
KABUPATEN REJANG LEBONG



( Gambar Lambang Universitas )



SKRIPSI


Oleh :

ARIE ADE PUTRA
NPM. 0460100138







PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
2008





PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEGAWAI KANTOR
 BADAN PELAKSANAN PENYULUHAN PERTANIAN
PERIKANAN DAN KEHUTANAN (BP4K)
KABUPATEN REJANG LEBONG


SKRIPSI


(Gambar lambang Universitas)


Diajukan untuk memenuhi persyaratan untuk
Memperoleh Gelar Sarjana Komputer
Program Studi Teknik Informatika


Oleh :

ARIE ADE PUTRA
NPM. 0460100138







PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
2008
PENGESAHAN


PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEGAWAI KANTOR
 BADAN PELAKSANAN PENYULUHAN PERTANIAN
PERIKANAN DAN KEHUTANAN (BP4K)
KABUPATEN REJANG LEBONG



SKRIPSI

Diajukan untuk memenuhi persyaratan untuk
Memperoleh Gelar Sarjana Komputer
Program Studi Teknik Informatika



Oleh :
ARIE ADE PUTRA
NPM. 0460100138


Disetujui Oleh :

Pembimbing I





Ir. Jon Yawahar, M.Si

Pembimbing II





R. Guntur Alam, M.Kom



Bengkulu,        Oktober 2008
Mengetahui dan Mengesahkan,
Dekani Fakultas Teknik



Ir. Yukiman Armadi, M.Si
NIP: 132049222






PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEGAWAI KANTOR
 BADAN PELAKSANAN PENYULUHAN PERTANIAN
PERIKANAN DAN KEHUTANAN (BP4K)
KABUPATEN REJANG LEBONG



Telah Di Pertahankan Di Depan Tim Dosen Penguji
Dalam Sidang Ujian Skripsi
Pada Tanggal 28 Oktober 2008
Dan Dinyatakan LULUS



Mengesahkan :



Ketua       : Ir. Jon Yawahar, M.Si             ( ....................................)
Anggota 1   : R. Guntur Alam, S.Pd, M.Kom        (.....................................)
Anggota 2   : Tansi, SE, M.Si                       (……………….………………….)
Anggota 3   : Yulia Darmi, M.Kom              (………………….……………….)






Bengkulu,        Oktober 2008
Mengetahui,
Dekani Fakultas Teknik



Ir. Yukiman Armadi, M.Si
NIP: 132049222








PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEGAWAI KANTOR
BADAN PELAKSANA PENYULUHAN PERTANIAN
PERIKANAN DAN KEHUTANAN KABUPATEN REJANG LEBONG


Nama               : Arie Ade Putra
NPM                 : 0460100138
Pembimbing I : Ir. Jon Yawahar, M.Si
Pembimbing II    : R. Guntur Alam, M.Kom


          Kata Kunci : Perancangan Sistem, Pegawai
          Pengolohan data Pegawai Kantor pada Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Rejang Lebong masih menggunakan sistem komputer yang belum optimal, karena penyimpanan data yang masih memerlukan tempat dan ruangan yang sangat besar, sehinnga membutuhkan waktu yang relative lama untuk menghasilkan informasi pegawai yang dibutuhkan.
          Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah pada sistem yang sedang berjalan dan membuat rancangan sistem informasi yang baru untuk data pegawai yang akan menjadi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi dalam pencaraian informasi data Pegawai Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Rejang Lebong.
          Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data-data melalui buku-buku yang berhubungan dengan tema dan topic dari skripsi ini, penelitian ini dilakukan dengan melihat dan menganalisa sistem yang sedang berjalan, kemudian dilanjutkan dengan desain input dan desain file. Desain baru ini diterapkan secara komputerisasi dengan mengaplikasikan bahasa pemrograman Visual Basic.
          Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan diharapkan dapat membantu dalam :
  1. Manghasilkan sistem pengolahan data pegawai yang efektif dan efisien serta mengoptimalkan penggunaan komputer dalam menghasilkan laporan yang dibutuhkan.
  2. Menyediakan sistem baru yang dapat menutupi kekurangan-kekurangan yang ada pada sistem lama dan mengaplikasikan bahasa pemrograman visual basic dalam pengolahan data pegawai.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Masalah
Dalam era teknologi dan informasi sekarang ini disadari bahwa hampir semua aspek kegiatan disegala bidang ditentukan oleh kualitas dari teknologi dan informasi yang diterima dan dihasilkan. Pemakaian komputer sebagai salah satu hasil dari teknologi saat ini sangat meluas dan memasyarakat tidak hanya terbatas dalam lingkungan kerja tetapi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam  hal ini komputer merupakan alat bantu yang mutlak digunakan dalam pengolahan informasi, maupun penunjang dalam sistem pengambilan keputusan.
Kemajuan di dalam bidang komputer yang sangat pesat dan kebutuhan akan informasi yang semakin dirasakan, maka tidak mengherankan lagi banyak instansi baik pemerintah maupun swasta yang memanfaatkan komputer di dalam  meningkatkan kinerjanya. Berbagai aktivitas dalam lingkungan instansi pemerintahan dapat lebih efisien dan efektif, serta pengolahan data dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Karena penyebaran teknologi informasi yang kurang optimal dan tidak merata, dirasakan adanya kelemahan pada instansi Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Rejang Lebong khususnya pada pengolahan data pegawai. Dimana banyaknya laporan yang  disimpan masih berupa arsip pembukuan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mencari data-data pegawai serta lamanya waktu dalam melakukan seleksi pegawai yang akan naik pangkat, dan memungkinkan terjadinya keterlambatan dan kesalahan dalam penyediaan informasi yang dibutuhkan, dan dalam pengambilan suatu keputusan yang sangat berarti bagi pimpinan dan pegawai yang bersangkutan.
Pada setiap instansi pemerintah memiliki sumber daya manusia untuk menjalankan aktivitas perkantorannya, yang dinamakan pegawai. Peranan pegawai dalam suatu perkantoran memanglah suatu faktor utama. Kalau tidak ada pegawai, maka suatu instansi pemerintah / perkantoran tidak akan dapat berjalan. Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan  dan Kehutanan (BP4K)  Kabupaten Rejang Lebong mengalami permasalahan dalam sistem informasi data pegawai yang didalamnya, karena sistem yang lama sangat tidak efektif dan tidak efisien.
Dalam melakukan pengecekan data pegawai yang dikantor maupun dilapangan serta pengecekan TMT CPNS untuk kenaikan pangkat berkalah masih menggunkan komputer secara sederhana dalam bentuk manual dan arisp-arsip, sehingga di nilai sangat tidak efisien. Hal ini disebabkan karena pengecekan data pegawai yang kurang kongkret dan menyita banyak waktu. Melihat kondisi sistem pencarian data pegawai yang dilakukan dengan cara manual dan tidak terkontrol sehingga sangatlah tidak efektif, karena terjadi kesalahan-kesalahan dan human error.
Untuk mengantisipasi sistem informasi pengolahan data pegawai yang tidak efisien, maka diperlukan suatu sistem informasi pengolahan data yang lebih baik oleh pihak Staf Kantor BP4K Kabupaten Rejang Lebong dalam membuat sistem informasi data pegawainya. Salah satu cara yang efisien agar informasi data pegawai dapat tersajikan dengan cepat dan baik ialah dengan menggunakan suatu sistem komputer yang dapat menampilkan data pegawai secara cepat dan akurat dengan menggunakan program komputerisasi database, sehingga dapat mempermudah apabila suatu saat data tersebut akan dipergunakan sebagai bahan informasi.
Dengan adanya sistem informasi ini maka kinerja pegawai semakin efisien karena informasi-informasi yang dibutuhkan tentang informasi data pegawai telah tersedia dengan baik sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencari data-data pegawai yang berkerja dikantor maupun dilapangan.
Berdasarkan latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk memelih judul “Perancangan Sistem Informasi Pegawai Di Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Rejang Lebong”, dengan harapan dapat menciptakan suatu sistem informasi yang lebih baik dalam melakukan pendataan pegawai.

1.2     Perumusan Masalah
Pada dasarnya data pegawai pada Kantor BP4K Rejang Lebong sudah dilakukan secara komputerisasi, namun pemakaian komputer tersebut belum dilakukan secara optimal dan efektif serta belum bisa digunakan sesuai sasaran yang diinginkan.
Adapun permasalahan yang muncul dalam pengolahan data pegawai adalah sebagai berikut :
1.    Bagaimana membuat perancangan sistem informasi data pegawai dapat lebih cepat dan tepat ?
2.    Apakah penggunaan program visual basic akan dapat membantu dalam pencarian data pegawai lebih cepat dan tepat?


1.3Ruang Lingkup Pembahasan
Agar penelitian ini lebih terarah dan permasalahan yang dihadapi tidak terlalu luas serta sesuai dengan tujuan yang dicapai, maka ditetapkan batasan terhadap sistem yang diteliti, sehingga masalah yang dibahas pada laporan ini hanya terpusat pada pengolahan data khususnya pengolahan data kenaikan pangkat pegawai  Kantor BP4K Rejang Lebong dengan menggunakan visual basic.

1.4    Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Mengidentifikasi masalah pada sistem yang sedang berjalan.
2.    Membuat rancangan sistem informasi baru untuk data pegawai yang menjadai solusi dari masalah-masalah yang dihadapi oleh Kantor BP4K Kabupaten Rejang Lebong Dengan Menggunakan Pemrograman Visual Basic.

1.5     Manfaat Penelitian
Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah :
1.    Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan Pegawai Kantor Badan Pelaksanan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Rejang Lebong.
2.    Membantu Pegawai Kantor Badan Pelaksanan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Rejang Lebong untuk mendapatkan informasi yang diinginkan secara cepat dan akurat
 

Baca Juga : Skripsi Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Akhlak Remaja Di Pedesaan


CATATAN :

File di atas telah dirangkum karena tak memungkinkan untuk mencopy seluruh isi dokumen ke dalam 1 halaman blog, Untuk lihat full Dokumen ini silahkan Download via google drive" Semoga contoh ini bisa bermanfaat buat agan2 yang sudah mengunjungi blog sederhana ini.


                                                          DOWNLOAD KLIK disini



PERHATIAN!! Mohon Untuk Tidak Memposting Ulang isi dari Blog ini ke blog / web lain tampa Se izin dari Admin"BLOG INI DILINDUNGI HAK CIPTA DMCA".

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar