Minggu, 05 April 2015

Cara Menyusun Skripsi Yang Baik dan Benar

Posted by rio setiawan on Minggu, 05 April 2015




    Secara Umum Skripsi adalah sebuah Istilah yang sering dipakai dan umum bagi kalangan mahasiswa/i yang akan Mengakhiri  jenjang pendidikan perkuliahan mereka. 
istilah skripsi adalah suatu Tugas Terakhir bagi mahasiswa/i  yang dimana bila dalam proses pembuatanya berdasarkan analisis serta fakta maupun survey yang sesuai dan terbukti secara akurat akan isi dan data kebenarannya maka mahasiswa dapat memenuhi mata kuliah tugas akhir mereka dengan baik dan sempurna

Skripsi yang secara sah disusun oleh tiap mahasiswa dengan berbagai macam judul yang mungkin bisa di angkat dalam penulisan skripsi,  Bila mahasiswa tersebut dapat mengerjakan skripsi dengan analisi  yang baik serta  terbukti secara akuran isi dan penulisan dapat dipertanggungjawabkan, maka mahasiswa yang bersangkutan dianggap sudah mampu menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan didalam suatu bidang ilmu dengan cara menganalisis, menggambarkan serta menjelaskan tentang pokok masalah yang berkaitan dengan judul yang dipilih didalam laporan karya tulis ilmiah tersebut.


Banyak faktor yang mempengaruhi sebuah skripsi boleh  dikatakan baik dalam penulisannya, judul yang kompleks,  serta data yang akurat, 

Berikut Cara menyusun skripsi yang baik dan Langkah langkah yang baik dalam proses pembuatan skripsi. 

  • Tentukan tema Dan Judul. pada poin ini adalah poin yang sangat penting dalam Menyusun Penulisan skripsi, andai salah dalam pemilihan tema  maka skripsi yang akan anda tulis tidak akan Selaras dengan isi dalam skirpsi yang akan anda buat. Usahakan judul yang anda pilih setidaknya mudah dimengerti oleh Penulis skripsi itu sendiri,Memahami Tema / judul bukanlah hal yang mudah, jadi usahakan judul yang anda pilih telah anda kuasai atau setidaknya Mengerti akan konsep dari judul itu sendiri.  Bila membuat skripsi, sebisa mungkin usahakan judul tema disusun dengan memakai kalimat yang sederhana namun dapat dimengerti dan bisa menggambarkan batas kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian. Poin Penting Usahakan Pemilihan Judul  dipilih karena Kualitas Yang baik, usahakanlah Judul skripsi yang anda pilih tampak Istimewa di mata orang lain hanya dari melihat tema nya saja.

  • Dalam mencari data Baiknya berinteraksilah dengan internet dengan catatan hanya sebagai Referensi saja, Bukan Mengcopy Paste kan skripsi yang ada di Postingan- postingan yang ada di Internet. Internet memang membuat kita makin produktif. Dengan catatan Bijaklah dalam menggunakan informasinya. hal ini berguna agar  mudah mencari referensi secara cepat dan tepat untuk mendukung skripsi.

  • Tentukan urutan kerangka teoritis dalam setiap bab. Dengan menyusun kerangka teoritis, Anda akan lebih mudah dalam menyusun kerangka bab agar tak melenceng dari tema yang sudah di tentukan dari awal.

  •  Jadilah Mahasiswa yang Pro aktif pada Dosen pembimbing yang memang “bertugas” membimbing Anda. akan tetapi, Anda tidak selalu bisa menggantungkan segalanya pada dosen pembimbing. Selalu bersikaplah proaktif. dimulai dari menguber topik, mengumpulkan bahan, “mengejar” untuk bimbingan, maupun seterusnya. 

  • Time & Money.  dalam proses penulisan, bimbingan ataupun mencetak Skripsi terbukti menghabiskan modal dan waktu yang cukup banyak, ini adalah hal yang tak bisa di hindari,  sudah pastiakan banyak menghabiskan waktu serta uang yang hitungannya tidak sedikit, oleh karena itu pandai pandailah mengatur biaya dalam pencetakan skripsi, jangan sampai mencetak berkali kali halaman / bab yang kesalahannya bisa kita hindari sebelum mencetak. ada baiknya periksa kembali per Bab agar terhinda dari yang namanya pemborosan.

  • Menganalisis fakta atau pembahasan. Yang paling utama dalam pengerjaan skripsi ialah menghimpun fakta serta data yang didapatkan dari hasil riset/penelitian supaya menjadi data akurat. 

  • Membuat penutup skripsi. Pada akhir Penulisan skripsi yang baik, usahakan Anda memberikan beberapa kesan akhir yang baik, cukup dengan membubuhkan kesimpulan dan saran yang membangun

Hanya ini saja yang dapat admin share , semoga bermanfaat , terima kasih buat yang sudah berkunjung Jangan lupa like & Komennya yah. 





Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar